Sabtu, 07 Desember 2013

Kabupaten PALI ,Dulunya Sumber Minyak Terbesar, Hanya 25 Persen Jalan Aspal


Selain dorongan masyarakat, tentu ada potensi besar yang dimiliki Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Musi Rawas Utara (Muratara) disetujui mekar menjadi daerah otonomi baru (DOB). Khusus PALI, apa saja potensi pecahan Kabupaten Muara Enim itu?

 PALI 

PALI resmi pisah dari Muara Enim dan disahkan sebagai DOB pada 22 April 2013. Kabupaten ke-16 di Provinsi Sumsel itu terdiri dari lima kecamatan. Ada Talang Ubi, Penukal, Abab, Penukal Utara, dan Tanah Abang. Semua daerah itu memiliki sejuta potensi sumber daya alam. 
Jumlah penduduk kabupaten ini sebanyak 143 jiwa. Tak banyak yang ingat kalau di daerah Talang Akar, Kecamatan Talang Ubi pernah memiliki sumur minyak terbesar di Asia Timur. Itu kondisi tahun 1922. Produksi minyak di sana ketika itu mencapai 20 ribu barel per hari. Wow. 
Kabupaten yang terletak di posisi tengah Provinsi Sumsel itu diklaim menjadi wilayah penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar untuk kabupaten induknya, Muara Enim. Sayangnya, sumbangsih itu sama sekali tidak berpengaruh terhadap perkembangan pembangunan di PALI. 
Tak usah jauh-jauh, ambil contoh infrastruktur jalan yang total panjangnya hanya 300 kilometer. Kondisinya boleh dikatakan sangat memprihatinkan. Hanya sekitar 25 persen yang telah diaspal. Sisanya, 75 persen masih berupa tanah merah berlapis bebatuan besar. Ada 22 perusahaan besar yang beroperasi di sana. Tapi masyarakat PALI belum merasakan yang namanya kesejahteraan.  
“Saya menilai perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten PALI  mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat setempat apabila komunikasi yang baik nantinya anatar pemerintah dan stekholder yang ada,” ujar Ketua Himpunan masyarakat lematang kab.Pali , Aka Cholik Darlin,S.Pd.I. kalaupun nantinya tidak terlaksana Ia menilai perusahaan di sana tidak peduli dengan kehidupan masyarakat di sekitarnya.
Perusahaan mengeruk sumber daya alam, tapi masyarakat tidak merasakan dampak positifnya. Bisa dibayangkan, masyarakat itu seperti tamu di negeri sendiri. Putra asli PALI itu ingin semua kepahitan itu kenangan yang harus dihapuskan. “Masyarakat PALI harus menatap masa depan yang lebih baik, maju, dan terus berkembang guna tercapainya kemakmuran dan kemerataan kesejahteraan bersama,” imbuhnya.
Sebagai caretaker bupati, Ir H Heri Amalindo MM adalah orang yang berperan penting untuk kebangkitan Kabupaten PALI. Diperlukan start awal yang bagus untuk mampu mengejar ketertinggalan dari 15 kabupaten/kota lain di Sumsel.
PALI punya modal besar untuk mencapai cita-cita itu. Baik kekayaan alam dari sektor pertambangan seperti minyak, gas bumi, dan batu bara. Juga sumber daya dari  sektor petanian seperti perkebunan sawit dan karet. Semua tinggal dukungan sumber daya manusia dan kemauan masyarakat PALI.
“Dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, PALI harus yakin bisa mengejar ketertinggalan dari daerah yang lebih dahulu berdiri. Bahkan segenap masyarakat harus optimis, PALI bisa lebih dari itu,” tutur Heri. Suami Ir Hj Sri Kusnita itu mengajak seluruh elemen masyarakat PALI bersatu padu membangun kabupaten ini agar menjadi yang terdepan.
Khusus bidang pendidikan, Heri merencanakan memimpikan dan merencanakan PALI bisa menjadi Singapore-nya Indonesia.  “Kami akan kembangkan dunia pendidikan di sini menjadi sangat maju. Dimana orang datang ke PALI untuk menuntut ilmu,” imbuhnya.
Harapan yang sama diungkapkan salah serang tokoh masyarakat PALI, Iskandar Anwar SE. Mantan ketua harian presidium pembentukan Kabupaten PALI ini ingin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI definitif segera terbentuk. Dengan begitu bisa secara maksimal mengelola semua potensi yang berlimpah di wilayah PALI.  “Kami hanya ingin kekayaan yang melimpah ini dimaksimalkan dan memberikan mamfaat nyata kepada semua masyarakat PALI,” imbuhnya.
Ada 72 desa yang tersebar pada lima kecamatan di PALI yang harus dibangun secepatnya agar setara dengan desa-desa lain di Sumsel. Iskandar ingin Pemerintah PALI harus bisa menunjukkan perkembangan untuk masyarakat, baik dari segi pembangunan maupun perekonomian.(heru,aka*/ce1/ndy)

2 komentar:

  1. bang bagi peta kab pali yang lengkap dong hehe, kalo ada send email ya dewiyulitasari16@yahoo.com
    thanks bang :)

    BalasHapus