6 Tips Menghadapi Orang Marah dengan Cepat dan Damai
Demonstrasi Karyawan GPEC subCont PLTU GHEMMI Di Gunung Raja 2011 |
Setiap orang pasti pernah mengalami konflik
dengan orang-orang sekitarnya. Pertanyaannya bagaimana cara mengatasi
masalah agar anda tetap bisa mempertahankan hak anda tanpa menciptakan
suatu permasalahan baru? Berikut adalah tips untuk mengatasi konflik ala
pickthebrain.com
1. Tetap kalem
Jika ada orang berteriak-teriak
karena marah kepada anda, cobalah untuk tenang dan diam. Biasanya orang
yang sedang marah tidak ingin mendapatkan tanggapan dari anda. Jika anda
membalas maka tanggapan anda tersebut tidak akan didengar. Jadi anda
akan rugi dua kali yang pertama emosi anda meledak dan energi anda habis
dan yang kedua tanggapan anda tidak didengarkan.
2. Biarkan orang lain untuk berbicara terlebih dahulu
Orang yang sedang marah akan letih
cepat atau lambat, itulah tujuan mereka yaitu ingin didengarkan dan
supaya mereka dianggap penting oleh orang yang dimarahi. Maka biarkan
orang tersebut marah dan meluapkan perasaannya.
3. Tempatkan diri anda di pikiran orang yang marah
Berusahalah untuk berpikiran
positif dan tempatkanlah diri anda di keadaan orang yang marah.
Mungkin
orang yang marah memang sedang berada di keadaan yang sulit sehingga
tekanan ini yang membuatnya marah. Dengan berpikiran seperti ini, anda
tidak terpancing emosi dan bisa lebih tenang.
4. Tenangkan orang yang marah
Anda bisa menggunakan kata-kata
“ya, saya mengerti yang anda maksud” atau “ya, saya akan berusaha lebih
baik lagi”. Kata-kata ini menunjukkan bahwa anda mendengarkan
keluhannya. Dengan menggunakan kata-kata yang menyetujui keadaannya, ada
mulai memecah kemarahannya sehingga kemarahan bisa cepat reda. Jika
keadaan sudah tenang, anda bisa kembali membahas ini dengan pikiran
yang lebih tenang.
5. Jika keadaan memburuk maka tinggalkan
Jika keadaan semakin memburuk dan
membahayakan anda, maka lebih baik anda meninggalkan ruangan tersebut
dan katakan kepada orang yang marah “saya tahu anda sedang marah, dan
anda tidak bermaksud untuk mengatakan apa yang anda katakan, karena itu
saya akan biarkan anda untuk bertenang sebentar dan kita bisa
membicarakan hal ini nanti”. Kemudian anda bisa meninggalkan ruangan.
Jangan meninggalkan ruangan tanpa berpesan sedikitpun dengan orang yang
marah.
6. Jika anda salah, maka akuilah dan bertanggung jawablah
Jangan malu untuk mengakui
kesalahan anda. Anda bisa mengatakan “anda benar, saya salah, saya akan
memperbaikinya”. Bahkan jika anda tidak salah, nada bisa mengatakan
“saya mungkin salah, coba kita lihat ini bersama-sama”. Kata-kata ini
adalah kata-kata mujarab dan sangat sulit untuk berdebat lagi dengan
orang yang sudah mengatakan ini.
Bekerjasama dengan orang yang pemarah memang tidaklah gampang.
Tapi kita akan menjadi orang yang lebih kalah jika kita ikut terpancing
marah. Kita juga bisa mengambil hikmah dari orang yang pemarah bahwa
tidak ada satupun orang yang merasa nyaman untuk bekerjasama dengan
orang pemarah. Hal ini bisa menjadi motivasi kita untuk tidak menjadi
orang yang pemarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar